Cara Membuat Resep Ayam Nusantara yang Lezat dan Bergizi

Pendahuluan



Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering diolah menjadi berbagai macam hidangan di Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, ayam menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat. Ada banyak sekali resep ayam nusantara yang bisa dicoba di rumah. Berikut ini adalah salah satu resep ayam nusantara yang lezat dan bergizi.


Bahan-bahan



- 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
- 3 siung bawang putih, iris tipis
- 3 buah cabai merah, iris tipis
- 2 lembar daun salam
- 2 batang serai, memarkan
- 2 cm jahe, memarkan
- 2 cm kunyit, memarkan
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 500 ml air


Cara Memasak



1. Pertama-tama, cuci bersih ayam dan potong menjadi 8 bagian. Sisihkan.
2. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Tumis bawang putih, cabai merah, daun salam, serai, jahe, dan kunyit sampai harum.
3. Masukkan ayam ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.
4. Tambahkan air, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
5. Tutup wajan dan biarkan ayam matang dan kuah mengental selama kurang lebih 30 menit.
6. Setelah matang, angkat ayam dari wajan dan sajikan di atas piring saji. Siram dengan kuahnya.


Informasi Gizi



Resep ayam nusantara ini sangat lezat dan bergizi. Ayam mengandung protein yang baik untuk tubuh, sedangkan bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ini juga mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Namun, karena menggunakan santan dan gula, sebaiknya konsumsi dengan bijak.
Setiap porsi resep ayam nusantara ini mengandung kurang lebih 350 kalori, 25 gram protein, 15 gram lemak, dan 30 gram karbohidrat. Jangan lupa untuk menyajikan dengan nasi putih dan sayuran segar untuk menu makan malam yang sehat dan lezat.


Kesimpulan



Resep ayam nusantara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba hidangan tradisional Indonesia yang lezat dan bergizi. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang sederhana, Anda bisa mencoba resep ini di rumah. Selamat mencoba!

close